Kiat Dalam Memilih Jurusan Cocok Dengan Kecakapan Kita

school kids

International School Di Jakarta Selatan – Bagi kalian yang masih berada di kursi sekolah entah itu SD, SMP, dan SMA. Ada pantasnya untuk memilih jurusan yang ideal dari kini nih.

Orang yang salah milih jurusan dan berujung pada IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang rendah atau yang lebih parah dapat hingga di DO (dropout). Maka amat penting untuk meng-antisipasi kejadian ini.

Jurusan di Indonesia saja terdapat lebih dari 125++ yang tak heran apabila memang masih banyak orang yang salah jodoh dalam memilih jurusan. Ditambah lagi dari 125 jurusan lebih itu.. kebanyakan dari kita tak tahu di jurusan hal yang demikian

Seandainya yang kita pelajari ? nanti kerjanya jadi apa ? lebih cenderung kemana.. hitungan, hapalan, atau analisa ?

Pertanyaan-pertanyaan tersebutlah yang menciptakan landasan penulis dalam menolong sahabat-sahabat dalam memilih jodoh jurusan yang ideal.

1. Cari tahu hal apa yang kau sukai / minati

Mudahnya dalam mencari jurusan yang ideal merupakan dengan sistem meng-explore diri kau sedalam-dalamnya.Sebab itu merupakan sistem paling gampang dalam mengenali dirimu sendiri, mencari apa yang paling berkhasiat, dan apa yang sesungguhnya kau cari.

lah emangnya gimana sih kak sistem explore itu ?

Caranya ada

Tanya pengalamanmu.
Tanya orang terdekatmu.
Pertama, kau mesti dapat ngerasain sendiri hal apa yang sesungguhnya kau minati. Umumnya sih dari pengalaman pribadi.

Seperti misalnya ada orang namanya Joko. Dahulu waktu SD Joko senantiasa menerima skor 100 dalam ujian matematika. Namun saat telah SMP skor Joko menurun. Namun dalam hati nurani Joko yang paling terdalam, Joko amat mencintai matematika lebih dari mata pembelajaran apa saja *aziek. Sehingga Joko belajar terus-menerus dan alhasil di kursi SMA skor Joko meningkat sama seperti waktu SD.

Nah.. dari teladan berikut bisa disimpulkan bahwa Joko memang jago dalam menghitung. Pasti apabila dianjurkan dengan guru pengarahan konseling Joko di rekomendasikan untuk turut ke jurusan yang cenderung banyak itungannya seperti jurusan teknik, mipa, atau ekonomi.

Kedua, tanyalah orang-orang terdekatmu. Dapat jadi itu ayah dan ibu, teman.

 

Baca Juga : International School Jakarta

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *