10 Jenis dan Fungsi Mata Gerinda

mesin gerinda

Mesin gerinda yakni salah satu mesin perkakas yang dipakai untuk memacu/memotong maupun menggerus benda kerja dengan tujuan atau keperluan tertentu. Prinsip kerja mesin gerinda yakni batu gerinda berputar bersentuhan dengan benda kerja sehingga terjadi abrasi, penajaman, pengasahan, atau pemotongan.

Baca: https://www.teknikmart.com/mesin-las.html

Mesin Gerinda dalam pengoperasiannya mengaplikasikan Mata Gerinda atau Batu Gerinda, dimana mata potongnya berjumlah banyak dan dipakai untuk kecakapan dalam pemakaian untuk memacu ataupun sebagai alat potong benda kerja. Berikut teknikmart.com jabarkan ragam dan fungsi mata gerinda di bawah ini. semoga informasi ini bisa berkhasiat.

1. Amplas Gerinda

Terdapat dua ragam amplas merupakan flap disc dan fibre disc. Ampelas ini berfungsi untuk menjadikan finishing permukaan yang rata dan halus dengan metode mengikis permukaan bagus pasa permukaan logam ataupun pada permukaan kayu.

2. Mata Gerinda Asah Spons (Grinding Wheel Sponge)

Pengaplikasian gerinda asah spons (Grinding wheel Sponge), berfungsi untuk menghaluskan dan mengkilapkan permukaan pada batu marmer/granit. Pengerjaan pelaksanaan pada instalasi marmer/granit, senantiasa diiringi dengan progres pemotongan dan abrasi, sehingga hasil dari progres hal yang demikian mengakibatkan adanya permukaan yang tak kembali mengkilap pada marmer/granit.

3. Mata Gerinda Asah (Grinding Wheel)

Dari sekian banyak ragam perlengkapan untuk mesin gerinda, produk ini (batu gerinda) yaitu produk yang paling banyak diperlukan dan dipakai pada progres pelaksanaan logam. Batu gerinda atau umum disebut dengan “Grinding wheel” berfungsi untuk mengikis permukaan logam, bagus pada besi, baja, ataupun stainless steel

4. Gerinda Tembok (Diamond Turbo Wheel)

Fungsi gerinda tembok yakni untuk menjadikan permukaan yang rata dan meratakan serta mengikis sisi granit untuk mencipakan lekukan cocok pola yang diharapkan. Gerinda ragam ini bisa dipakai untuk mengikis pada bidang permukaan semen, tembok, dan marble/granit.

5. Mata Batu Gerinda Potong (Cutting Wheel)

Batu gerinda potong atau disebut dengan “Cutting wheel” mempunyai wujud paling berbeda diperbandingkan dengan batu gerinda lainnya. Batu gerinda ini mempunyai wujud yang datar, dengan ketebalan yang dimiliki pada varian produknya mulai dari 3 mm sampai 8 mm. Layak dengan fungsinya, batu gerinda potong cuma berfungsi untuk mengerjakan pemotongan pada media logam, bagus untuk besi mildsteel, baja, sampai stainless steel, dengan tentunya menyesuaikan spesifikasi pada produk hal yang demikian.

6. Polishing Pad & Wool Poles (Wool Polishing)

Wool Polishing yaitu mata gerinda yang dipakai untuk progres finishing dengan kain poles. Lazimnya mata gerinda ragam ini dipakai untuk progres finishing pada permukaan kendaraan beroda empat, merupakan mempoles permukaan kendaraan beroda empat yang baret dengan menggunakn cairan penghilang goresan atau wax. Wax atau cairan penghilang gores ini diratakan pada permukaan yang tergores kemudian menggerakan alat gerinda wool polishing bonnet ini secara lembut dengan pelan pada permukaan kendaraan beroda empat.

7. Mata Gerinda Flexible (Flexible Grinding)

Batu gerinda fleksibel, atau umum disebut dengan “Flexible disc” secara jasmaniah mempunyai wujud seperti batu gerinda asah, tapi lebih tipis dengan komponen permukaan mempunyai pola/pattern. Batu gerinda ragam ini lazimnya dipakai untuk mengikis permukaan logam khusus pada zona-zona yang terbatas/sempit.

8. Mata Gerinda Asah Woven (Non Woven Nylon Wheel)

Gerinda asah woven atau non woven nylon wheel yaitu ragam mata gerinda polishing, yang juga mempunyai fungsi sebagai menghaluskan dan mengkilapkan benda sama seperti mata gerinda asah spons. Melainkan yang membedakannya yakni material benda yang di kerjakan. Kalau mata gerinda asah spons material yang dipolishing atau difinishing yakni batu, walaupun mata gerinda non woven untuk mefinishing material seperti logam, besi, stainless steel dan aluminium. Perlu Anda kenal mata geridan non woven ini bukan dipakai untuk mempolishing atau mengkilapkan material benda kerja tapi cuma mefinishingkannya saja, dapat mengkilapkan melainkan cuma sedikit saja sebab bisa mengikis lapisan logam hal yang demikian.

9. Sikat Gerinda (Steel Wire Brush)

Sikat gerinda berfungsi untuk membersihkan permukaan logam dari adanya kotoran seperti karat, kerak, serta dampak oksidasi pada permukaan logam. Alat ini bisa juga berfungsi untuk mengkupas lapisan kulit liar kayu dengan tujuan menghilangkan lapisan hal yang demikian. Alat ini mempunyai 2 wujud merupakan wujud rata (wheel wire brush) dan wujud magkuk (cup wire brush).

Baca: https://www.teknikmart.com/power-tools-dan-pengukuran/power-tools-listrik/gerinda-tangan.html

 

10. Pisau Potong Keramik (Diamond Wheel)

Layak dengan namanya, pisau potong keramik/diamond wheel mempunyai fungsi merupakan untuk memotong keramik. Menurut jenisnya, pisau potong keramik mempunyai 2 ragam, merupakan ragam berair, dan ragam kering. Pada pisau keramik dengan ragam berair, progres pemotongan seharusnya mengaplikasikan air sebagai media pendinginan dari mata pisau hal yang demikian, walaupun pada ragam kering, tak membutuhkan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *