PLN Mengembalikan Listrik di Lombok Utara Pasca Gempa dengan Bantuan Genset

PLN Mengembalikan Listrik di Lombok Utara Pasca Gempa dengan Bantuan

PT PLN (Persero) berusaha memulihkan listrik di tempat yang terdampak petaka gempa bumi 7 skala richter. Direktur Bisnis Regional Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara PLN Djoko R Abumanan membeberkan fasilitas publik seperti rumah sakit, penampungan pengungsi, instalasi air bersih menjadi prioritas utama PLN.

Djoko menambahkan kantor pemerintah tempat juga menjadi koreksi yang diprioritaskan. Untuk kawasan pemulihan meliputi Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Lombok Utara.

“Kami pastikan untuk Gardu Induk dan kabel transmisi tegangan tinggi aman, tak terdampak gempa. Kami konsentrasi pada koreksi dan pemulihan jaringan distribusi,” kata Djoko dalam keterangan tertulis, Senin (6/8/2018).

Baca Juga: Jual Genset

Djoko menambahkan untuk mempercepat pemulihan aliran listrik. PLN juga mengerahkan regu gabungan yang berasal dari Jawa Timur sebanyak 74 dan Bali 54 orang. Mulai dari personel, kelengkapan dan material seperti genset berkapasitas kecil, lampu darurat, kendaraan beroda empat crane, kendaraan beroda empat station juga ikut hadir di kawasan yang terdampak gempa.

Ia menyuarakan nantinya regu pemulihan ini terdiri dari regu Profesi Dalam Kondisi Bertegangan (PDKB), regu korektif, regu tanggap darurat akan bertugas membetuli tiang listrik beton rusak, trafo jatuh, dan kabel jaringan yang putus imbas goncangan gempa.

“Kami malahan mencoba untuk menjelang Lombok Utara, lokasi paling terdampak gempa, untuk memulihkan listrik disana dengan mengaplikasikan genset,” imbuh Djoko.paska

Seiring dengan pemulihan sebagian pembangkit listrik supaya kembali beroperasi normal, PLN terus membetuli jaringan yang rusak. Seperti di Senggigi, PLN terus menyisir dan membetuli sedikitnya 50 konduktor yang lepas dari jaringan. Pembetulan konduktor ini untuk mengalirkan listrik antar gardu hubung.

“Di lapangan, banyak kami peroleh tiang-tiang jaringan distribusi miring dan ambrol membutuhkan koreksi. Regu bantuan dari Bali dan Jawa Timur secara berjenjang memulihkan situasi pasca gempa,” pungkas Djoko.

 

Baca Juga: genset murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *