Toko Offline vs Toko Online, Mana yang Lebih Baik?

Toko Offline vs Toko Online

Bisnis sebuah hal yang menjadi cita-cita banyak orang. Dengan berbisnis kita akan menjadi bos dari diri kita sendiri. namun berbisnis malah tak semudah yang dikasih. Ada banyak hal yang wajib diamati. Dengan perkembangan teknologi, juga memberi pengaruh pada variasi bisnis.

Dahulu untuk membuka bisnis, anda wajib mempunyai sebuah warung dan barang. Orang-orang malah wajib mengunjungi warung anda seketika. Tetapi kini, tanpa mempunyai warung malah anda telah dapat membuka sebuah bisnis dan pembelinya dapat dari semua dunia.

Warung online dan warung offline menjadi sebuah kompetisi di era komputerisasi seperti ketika ini. hakekatnya profit punya warung online memang lebih banyak diperbandingkan warung offline. Untuk lebih jelasnya kita bahas perbandingannya dibawah ini.

 

1. Resiko Berjualan

Tiap-tiap jualan pasti ada resikonya. Entah itu jualan online ataupun offline. Tetapi untuk jualan online resikonya lebih sedikit diperbandingkan offline. Apalagi di jualan online anda dapat menerapkan metode dropship. Jadi anda tidak perlu stok barang. Cuma perlu memasang foto dan nanti sekiranya ada orang yang beli. Pihak suplier yang akan mengirim barang ke konsumen atas nama Anda. jadi tidak perlu takut barang numpuk banyak dan tak terjual.

Padahal warung offline otomatis anda wajib stok barang yang banyak. sehingga akan banyak orang yang datang ke warung anda. resiko barang tak laku akan kian besar. Apalagi kalau Anda jualan makanan, wajib dapat memasarkannya dengan bagus.

Baca Juga: digital advertising jakarta

 

2. Daerah Jualannya

Hal inilah yang paling membedakan antara warung online dan warung offline. Untuk warung online tentunya anda tidak perlu sewa daerah. Meski anda di rumah saja, telah dapat membuka bisnis online. Anda cuma perlu gadget, jaringan dunia online dan platform untuk jualan. Karenanya telah dapat seketika membuka bisnis online. Platformnya, dapat menerapkan BBM, Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya.

Padahal warung offline, anda wajib mempunyai warung atau sewa daerah untuk jualan. Berarti modal yang anda butuhkan malah kian banyak. inilah yang menjadi profit dari warung online, modal sedikit dan tidak perlu mempunyai warung untuk jualan.

 

3. Jangkauan Pasar (Market Reach)

Profit mempunyai warung online yakni jaringan pasar yang lebih luas. Anda dapat menjangkau hingga semua dunia. Padahal warung offline cuma di daerah tertentu saja. Mungkin cuma di sekitar daerah tinggal anda saja. Dengan membuka warung online, anda dapat memperoleh pelanggan dari Amerika atau Eropa. Apalagi hampir segala negara di dunia ini telah mempunyai jaringan dunia online.

Untuk warung offline, mungkin cuma di hari tertentu saja anda dapat menerima pelanggan dari tempat lain. Tetapi untuk keseharian mungkin cuma dari orang terdekat saja.

 

4. Kepraktisan

Dibandingi dengan warung offline, warung online memang lebih praktis. Anda cuma perlu membikin sebuah situs lalu memasang barang yang akan anda jual. Padahal warung offline, anda wajib memberesi warung dengan sebaik mungkin. Sehingga kian banyak orang yang beratensi untuk membeli.

Kecuali itu untuk progres transaksinya juga lebih gampang. anda cuma perlu menunggu transferan uang dan mengirimnya. Tidak perlu memberikan uang kembalian atau dilema transaksi yang ribet lainnya. anda malah tidak perlu memberesi barang dagangan dengan bagus. sebab segala orang cuma memperhatikan di sosial media yang anda pakai saja.

Macam kedua bisnis ini memang mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tinggal disesuaikan dengan modal yang anda miliki. Banyak orang yang melaksanakan keduanya. Mempunyai warung offline namun juga menjualnya secara online. Sehingga profit yang diperoleh kian besar.

Kelebihan warung online memang lebih banyak diperbandingkan warung offline. Oleh sebab itu banyak orang yang beralih ke bisnis online. Plarform yang diaplikasikan juga kian beraneka.

 

Sumber: http://nextdigital.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *