Kedutaan Venezuela di Australia Dengan Rumah Yang Disewakan

Kedutaan Venezuela di Australia sudah digugat ke pengadilan di Canberra oleh sebuah keluarga gara-gara urusan sewa properti yang belum dibayarkan bernilai ratusan juta rupiah.

Warga Canberra bernama Rosa yang ialah pemilik properti mengatakan bahwa Kedutaan Venezuela belum membayar sewa kontrak senilai $AUD 50 ribu untuk dua properti di wilayah O’Malley yang sebelumnya dipakai sebagai kedutaan.

Dalam berkas perkara yang diajukan ke peradilan Administrasi dan Sipil di Canberra, keluarga hal yang demikian mengatakan dari tahun 2017, Kedutaan Venezuela mulai mengemplang upah kontrak dan kesudahannya mengosongkan gedung hal yang demikian, sesudah adanya sengketa.

Pada Oktober 2018, kedutaan negara itu menjadi pemberitaan sesudah pihak pemilik rumah memarkir kendaraan di depan pintu kedutaan.

Kegaduhan bertambah besar sesudah salah seorang atlet skip top Venezuela Cesar Augusto Baena Sierraalta memukul pemilik rumah, dengan mengatakan bahwa pria pemilik rumah hal yang demikian tak menghormati negaranya.

Cesar Augusto Baena Sierraalta sudah mengaku bersalah atas perbuatannya, dan dibebaskan dengan peringatan, tanpa adanya catatan kejahatan.

Dalam persidangan kasus sewa ini, Kedutaan Venezuela mendesak supaya permintaan upah kontrak dari keluarga Rosa dibatalkan. Melainkan hakim mempertimbangkan bahwa sidang akan dijalankan.

“Aku dapat paham bahwa persoalan ini dapat membikin Kedutaan dalam posisi susah atau malah memalukan secara diplomatik, sebab wajib memberikan kesaksian di pengadilan,” kata hakim H Robinson dalam keputusannya.

“Melainkan alasan ini tak dapat dipakai untuk mempertimbangkan apakah pengadilan wajib menyidangkan persoalan ini atau tak.”

Venezuela dikala ini sedang menghadapi krisis ekonomi terburuk dalam sejarah negeri itu, dengan tingkat inflasi yang menempuh ribuan persen, hutang yang tak dapat dibayar dan kemiskinan.

Berdasarkan Robinson, kondisi dikala ini ‘terang kacau’ dengan kekerabatan antar pihak yang terlibat ‘benar-benar bermusuhan’ tetapi klaim dari keluarga Rosa perlu dipertimbangkan.

Melainkan ia mengakui bahwa seandainya malahan keputusan nantinya memenangkan keluarga Rosa, masih menjadi pertanyaan besar apakah keputusan itu dapat dijalankan.

Kedutaan Venezuela mengucapkan pihaknya mempunyai kekebalan diplomatik yang dibatasi berdasarkan Undang-undang Internasional.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *